Warna-Warni yang Bermanfaat

Hi! Teman-teman..

Terinspirasi dari pertanyaan adik sepupu yang menanyakan “kenapa ini nih walnanya ijo, yang itu pink?” (sambil menunjuk daun keji/kaca beling berwarna hijau dan daun jawer kotok yang sebenarnya sih warna ungu). Maka, penulis tergerak ingin memberi informasi mengenai warna-warni tumbuhan..

Tahukah teman-teman, dari mana warna daun itu berasal?

Tidak hanya daun atau bunga saja yang berwarna, tetapi sayuran dan buah juga berwarna bukan?

Dan ternyata, warna-warni yang dihasilkan oleh tanaman tidak hanya dapat membuat indah saja, tetapi memiliki khasiat bagi kesehatan manusia juga loh..

Pertama, sebelum membahas manfaatnya.. Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai organ pada tumbuhan yang berperan dalam pembentukan pigmen warna tersebut, yaitu plastida. Plastida adalah organel sel bermembran ganda yang ditemukan pada sel tumbuhan dan bertanggung jawab terhadap aktivitas seperti pembuatan energi dan pembuatan makanan serta penyimpanan makanan.

Semua tipe plastida adalah turunan dari badan yang sangat kecil, yang disebut proplastida, yang terdapat di dalam sel meristem. Proplastida dan plastida dalam sel muda memperbanyak diri dengan pembelahan.

plastida2

Plastida pada tumbuhan. Terdiri dari 3 macam :

  1. Kromoplas,  adalah plastida yang menghasilkan warna non fotosintesis
  2. Leukoplas, adalah plastida yang tidak berwarna
  3. Kloroplas, adalah plastida yang menghasilkan warna hijau daun, disebut klorofil.

A. Kromoplas

Kromoplas adalah plastida yang menghasilkan warna selain hijau. Warna kuning, merah, atau merah bata pada kromoplas disebabkan oleh kandungan karotenoidnya. Kloromoplas memberi warna pada berbagai bagian alat tumbuhan.

Namun, tidak seluruh warna pada tumbuhan disebabkan oleh pigmen dalam plastida, sebab dalam cairan vakuola juga dapat ditemukan sebagai zat warna.

Macam-macam warna tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Karotin       : Berwarna jingga atau kuning, misalnya pada wortel
  2. Xantofil      : Berwarna kuning pada daun yang tua, bunga matahari
  3. Fikosantin   : Berwarna coklat pada ganggang Phaeophyta
  4. Fikosianin   : Berwarna biru pada ganggang Cyanophyta
  5. Fikoeritrin   : Berwarna merah pada ganggang Rhodophyta
  6. Antosianin : Memberi warna merah sampai kuning pada bunga

B. Leukoplas

Leukoplas adalah plastida yang tidak mengandung pigmen, dan biasanya terdapat di dalam jaringan yang tidak terkena sinar. Leukoplas banyak digunakan untuk menyimpan hasil metabolisme. Berdasarkan perannya sebagai penyimpan hasil metabolisme, terdapat 3 jenis leukoplas yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

  1. Amiloplas    : berfungsi menyimpan amilum
  2. Elaioplas     : berfungsi menyimpan lemak
  3. Proteoplas  : berfungsi menyimpan protein

C. Kloroplas

Kloroplas merupakan organel yang mengandung klorofil. Klorofil berfungsi pada saat fotosintesis. Kloroplas berwarna hijau disebabkan oleh kandungan klorofil. Jenis-jenis klorofil :

1.) Klorofil a dengan rumus kimia C55H72O5N4Mg berwarna hijau biru

2.) Klorofil b dengan rumus kimia C55H70O6N4Mg berwarna hijau kuning

Kloroplas adalah plastida yang bewarna hijau umumnya berbentuk lensa, terdapat di dalam sel tumbuhan, lumut, paku-pakuan dan tumbuhan berbiji.

Nah, Dari sumber detik.com dan beberapa hasil penelitian, warna-warna dari tanaman (daun, bunga, buah, sayuran) memiliki khasiat bagi kesehatan manusia loh.. Untuk buah dan sayuran dapat langsung dikonsumsi atau diolah terlebih dahulu, namun untuk tanaman seperti bunga atau daun-daun an liar biasanya melalui tahapan ekstraksi atau isolasi zat warna terlebih dahulu.

Pigmen Warna Banyak ditemukan di Manfaat
Karotenoid Jingga, merah, kuning, wortel, mangga, jeruk, labu kuning, ubi merah, dll Beta-karoten merupakan pigmen yang penting bagi tubuh karena di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A.

Beta-karoten sangat baik untuk kesehatan mata, sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas (anti kanker), antinyeri/peradangan

Xantofil kuning bunga matahari, jeruk, nanas, melon, pir, timun suri, jagung, telur, kunyit, dll. Berfungsi mengurangi risiko kanker, tumor, mencegah kerusakan DNA, mencegah osteoporosis dan juga menjaga kesehatan mata.
Klorofil Hijau Tanaman-tanaman liar, alpukat, kiwi, anggur hijau, asparagus, bayam, brokoli, daun singkong, kacang polong, paprika hijau, sawi, dll.

 

Klorofil dan hemoglobin memiliki struktur yang sama, sehingga sering disebut ‘darah hijau’ yang berfungi mentransportasikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Berfungsi pula sebagai zat antibakteri, antikanker

Antosianin Ungu Daun jawer kotok, bunga rosella, anggur ungu, plum, manggis, terong ungu, kol ungu, dll.

 

Berfungsi mengobati kanker (payudara, prostat, kulit, pankreas, usus besar), diabetes mellitus, anti peradangan, antibakteri, dan kesehatan mata
Tidak memiliki pigmen Putih leci, rambutan dan kelengkeng. Pangan lainnya yang berwarna putih yaitu susu, sawi putih, tauge, bawang putih, bawang bombay Meningkatkan imunitas tubuh dan menyehatkan saluran pencernaan.

 

Wah, ternyata kaya akan manfaat ya warna-warni pada tumbuhan itu.. Mudah-mudahan menambah ilmu teman-teman sekalian dan makin semangat untuk mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan karena banyaknya manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Salam Science Around Us! [ZMR]

Referensi :

http://blog.ub.ac.id/danik/2012/05/08/pigmen-warna-pada-tumbuhan/

Brockington, S.F.,R.H. Walker., B.J. Glover., P.S. Soltis., D.E. Soltis. 2011. Complex pigment evolution in the Caryophyllales. New phytologist. 190: 854-864.

http://www.webexhibits.org/causesofcolor/7H.html

http://harvardforest.fas.harvard.edu/leaves/pigment

http://www.virtualherbarium.org/research/Color.html

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC160905/pdf/071027.pdf

http://www.academicfoodjournal.com/archive/2011/issue2/26-32.pdf

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s