Lebih Dekat dengan Kimia Farmasi

Hai Sobat Science Around Us…

Gimana setelah baca-baca artikel sebelumnya? Jadi nambah wawasankan tentang science around us, terutama dari sudut pandang Farmasi. Dari satu sudut pandang ini saja sudah dapat terlihat banyak sisi science around us yang dapat kita bahas. Farmasi pun terbagi lagi ke dalam beberapa rumpun ilmu seperti yang diuraikan dalam The Miracle of Antibiotic.

Yap, berbagai rumpun ilmu yang ada, setiap rumpunnya fokus terhadap suatu hal. Salah satunya adalah Farmakokimia atau Analisis Farmasi atau Kimia Medisinal. Banyak banget atau nya yaa. Hehe. Rumpun ilmu ini selalu disandingkan karena berkaitan satu sama lainnya.

Kita kenalan dulu yuu sama istilah-istilah itu.

Farmakokimia terdiri dari dua suku kata yaitu farmasi dan kimia. Secara definisi farmakokimia adalah bidang farmasi yang meninjau dari segi kimia. Maksudnya gimana dari segi kimia itu?.. nah bagi orang yang konsentrasi di bidang farmakokimia, meninjau atau melihat obat akan mengamati dari strukturnya. Karena struktur ini akan sangat berpengaruh terhadap sifat fisikokimia obat tersebut baik secara fisik ataupun ketika berada di dalam tubuh kita.

Analisis farmasi itu apa? Nah ini juga berkaitan dengan farmakokimia. Dalam bidang analisis farmasi, kita meninjau obat mengamati dari struktur kimia obat tersebut. Dari struktur kimia tersebut kita bisa tahu sifat fisiko kimia obat dan metode analisis apa yang bisa digunakan untuk analisis obat tersebut. Analisis seperti apa yang dilakukan? Analisis yang dilakukan meliputi analisis sifat fisiko kimia obat (seperti kelarutan, titik leleh, rekasi dengan senyawa lain), kandungan zat aktif dalam obat, stabilitas obat, dan masih banyak lagi, yang berhubungan dengan struktur obat itu sendiri.

Terus kalo kimia medisinal? Kimia medisinal merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan antara ilmu farmasi, biologi, dan medis. Kimia medisinal fokus kepada penemuan, perancangan, dan persiapan senyawa aktif yang mempunyai aktivitas biologi dengan mengamati metabolisme senyawa tersebut dalam tubuh, interaksinya dengan reseptor, dan hubungan antara struktur obat tersebut dengan aktivitas biologinya. Umumnya, pada kimia medisinal dilakukan perancangan obat baru dengan melakukan modifikasi struktur agar memiliki aktivitas biologi yang lebih baik. Pengamatannya tidak lepas dari struktur obat itu sendiri dan interaksinya terhadap lingkungan obat tersebut.

Hubungannya dengan science around us apa, gimana?

Hmm.. secara sederhana setiap hal yang ada di dunia ini merupakan unsur-unsur yang terdiri dari atom-atom. Unsur-unsur tersebut memiliki struktur atau rumus kimia yang berbeda. Kita dapat mengetahui sifat-sifat molekul tersebut dengan meninjau dari struktur atau rumus molekulnya.

Contoh sederhananya adalah garam dapur. Secara kimia, garam dapur memiliki rumus NaCl. NaCl ini terdiri dari ion positif (kation) yaitu ion Na+ dan ion negatif (anion) yaitu Cl. NaCl merupakan suatu bentuk garam yang larut dalam air dan bersifat elektrolit. Analisis sederhana yang dapat dilakukan untuk mengetahui bahwa suatu senyawa mengandung ion Na+ adalah dengan uji nyala menggunakan kawat nikrom. Jika suatu senyawa mengandung ion Na+, ketika dilarutkan dalam HCl kemudian kawat nikrom dicelupkan ke dalam larutan tersebut dan dibakar, maka akan menghasilkan warna kuning terang yang merupakan warna khas dari ion Na. Sedangkan untuk analisis ion Cl dapat dilakukan dengan menambahkan HNO3 dan AgNO ke dalam sampel. Jika terbentuk endapan, maka sampel tersebut mengandung ion Cl­, karena reaksi antara ion Cl­ dengan AgNO3 akan menghasilkan endapan AgCl.

Dalam bidang farmasi, contoh obat yang mengandung NaCl adalah oralit. Oralit merupakan cairan yang mengandung gula dan elektrolit. Salah satu komposisi oralit yang berperan sebagai elektrolit adalah NaCl. Elektrolit ini berperan dalam mengganti cairan ion dalam tubuh.

Nah kurang lebih seperti itu kaitannya dengan science around us. Terlihat rumit ya untuk hal yang sederhana, tetapi memang seperti itu jika temen-temen tertarik dengan farmasi terutama di kimia farmasi. Kerumitan yang dirasakan akan terbayar ketika kita dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Karena seperti nama blog ini science.around.us. segala sesuatu yang terjadi di sekeliling kita itu merupakan science (ilmu pengetahuan).

Sekian dulu mungkin perkenalan tentang salah satu rumpun ilmu di bidang farmasi ini. Kita akan coba bahas lagi pengetahuan lain dari rumpun ilmu ini yang aplikasinya berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

Tetep penasaran dan penuh pertanyaan yaa, karena sebuah pertanyaan merupakan jalan awal ilmu pengetahuan.

Salam science.around.us.

[RP]

 Featured image was taken from here

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s