Bioteknologi, Memperkaya Kehidupan Manusia

Salam Science!

Sobat Science Around us sekalian, Pada minggu-minggu sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Ilmu Farmasi dan juga Antibiotik, yang merupakan jenis obat yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Nah pada kesempatan kali ini, penulis ingin membahas mengenai Bioteknologi, topik yang tidak kalah penting di dunia Farmasi, Science, dan tentunya juga di sekeliling kita.

Istilah bioteknologi mungkin masih baru bagi sebagian orang, tapi sebenarnya it isn’t that all new. Mungkin pada kebanyakan orang yang mendengar kata “teknologi”, otomatis berfikir tentang peralatan mesin. Akan tetapi teknologi hanyalah istilah yang digunakan saat kita berbicara mengenai “alat” untuk mendapatkan sesuatu.

Tanpa kita sadari, bioteknologi is already all around us dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, bahkan sejak dahulu kala. Manusia telah menggunakan proses biologis mikroorganisme selama lebih dari 6.000 tahun untuk membuat produk makanan yang berguna. Salah satu contoh paling awal dari bioteknologi adalah penggunaan ragi untuk memproduksi bir dan roti. Dan di awal abad ke-20, para peneliti menemukan jamur yang digunakan untuk membuat penisilin – salah satu antibiotik yang paling banyak digunakan di dunia.

Jadi secara sederhana, bioteknologi adalah teknologi berbasis biologi – memanfaatkan bioteknologi seluler dan proses biomolekuler untuk mengembangkan teknologi dan produk yang membantu meningkatkan kehidupan kita dan kesehatan planet kita.

Sampai hari ini, bioteknologi terus membantu meningkatkan cara hidup manusia. Dalam 40 tahun terakhir, kita telah melihat banyak terobosan penting yang memungkinkan kita untuk memanfaatkan agen biologi seperti enzim, bakteri dan ragi dalam membantu kita hidup sehat dan lebih lama , memiliki persediaan makanan lebih berlimpah dan berkelanjutan, menggunakan industri manufaktur lebih aman dan lebih efisien, dan mengurangi jejak gas rumah kaca.

Bioteknologi modern memberikan  terobosan produk dan teknologi untuk memerangi penyakit mematikan dan langka, mengatasi masalah lingkungan, memberi makan yang lapar, menggunakan energi lebih efesien dan lebih bersih, serta memiliki proses industri manufaktur yang lebih aman, bersih dan  lebih efisien.

Saat ini, ada produk lebih dari 250 bioteknologi kesehatan dan vaksin yang tersedia untuk pasien, banyak penyakit yang sebelumnya tidak dapat diobati. Lebih dari 13,3 juta petani di seluruh dunia menggunakan bioteknologi pertanian untuk meningkatkan hasil, mencegah kerusakan dari serangga dan hama dan mengurangi dampak pertanian terhadap lingkungan. Dan makin banyak biorefineries (eksplorasi biomassa) sedang dibangun di dunia, seperti Amerika Utara untuk menguji dan menyempurnakan teknologi untuk memproduksi bahan bakar alami dan bahan kimia dari biomassa terbarukan, yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

untitled

Kemajuan terbaru di bidang bioteknologi ini dapat membantu kita mempersiapkan dan memenuhi tantangan yang paling mendesak di masyarakat. Berikut caranya:

HEAL THE WORLD

Sembuhkan dunia. Bioteknologi membantu menyembuhkan dunia dengan memanfaatkan alat alam sendiri dan menggunakan genetik kita sendiri untuk menyembuhkan dan menuntun  arah penelitian dengan:

  • Mengurangi tingkat penyakit menular;
  • Menyelamatkan jutaan nyawa anak-anak;
  • Menyesuaikan perawatan untuk individu untuk meminimalkan risiko kesehatan dan efek samping;
  • Menciptakan alat yang lebih tepat untuk deteksi penyakit; dan
  • Memerangi ancaman penyakit serius  yang setiap hari dihadapi oleh dunia yang terus berkembang.

 

FUEL THE WORLD

Bahan bakar dunia. Bioteknologi menggunakan proses biologis seperti fermentasi dan memanfaatkan biokatalis seperti enzim, ragi, dan mikroba lainnya untuk menjadi pabrik mikroskopis. Bioteknologi membantu untuk menjadi bahan bakar dunia dengan:

  • Memperlancar langkah-langkah dalam proses manufaktur kimia sampai 80% atau lebih;
  • Menurunkan suhu untuk membersihkan pakaian dan berpotensi menghemat lebih dari 4.1 juta dolar AS per tahun;
  • Meningkatkan efisiensi proses manufaktur untuk menghemat 50% atau lebih biaya operasional;
  • Mengurangi penggunaan dan ketergantungan pada petrokimia;
  • Menggunakan biofuel untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 52% atau lebih;
  • Penurunan penggunaan air dan limbah; dan
  • Memanfaatkan potensi penuh dari produk limbah biomassa tradisional.

 

FEED THE WORLD

Memberi makan dunia. Bioteknologi meningkatkan ketahanan serangga tanaman, meningkatkan toleransi terhadap herbisida tanaman dan memfasilitasi penggunaan praktek pertanian yang lebih ramah lingkungan. Bioteknologi membantu untuk memberi makan dunia dengan:

  • Menghasilkan hasil panen yang lebih tinggi dengan input yang lebih sedikit;
  • Menurunkan volume bahan kimia pertanian yang dibutuhkan oleh tanaman-membatasi pembuangan dari produk ini ke lingkungan;
  • Menggunakan tanaman biotek yang perlu aplikasi pestisida lebih sedikit dan yang memungkinkan petani untuk mengurangi mengolah lahan pertanian;
  • Mengembangkan tanaman dengan profil gizi yang disempurnakan yang memecahkan masalah kekurangan vitamin dan gizi;
  • Memproduksi makanan bebas dari alergi dan racun seperti mikotoksin; dan
  • Meningkatkan makanan dan kandungan minyak tanaman untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Nah, begitu banyak pengaruh positif dari perkembangan bioteknologi dalam kehidupan manusia. Pada kesempatan berikutnya, penulis akan mencoba menggali fenomena-fenomena yang berkaitan dengan bioteknologi yang ternyata sehari-hari ada di sekitar kita. Stay updated! 😉

Salam Science Around Us! [RFN]

Sumber: Healing, Fueling, Feeding: How Biotechnology is Enriching Your Life

Featured image was taken from here

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s